obat batuk yang aman untuk ibu hamil

Penyebab Batuk pada Ibu Hamil. Halo rekan Armita Consultant. Ibu hamil termasuk orang yang sangat rentan dalam masalah kesehatan. Sebab itu ibu hamil perlu memperhatikan kesehatan dirinya dan juga kesehatan untuk janin yang tengah di kandung.

Bagi ibu hamil, yang paling utama di perhatikan adalah kebutuhan gizinya dan waktu untuk beristirahat yang cukup. Dengan memperhatikan kesehatan dan pola hidup yang sehat maka ibu hamil dapat menjaga kesehatannya. Karena di takutkan jika ibu tidak bisa menjaga kesehatannya dapat mengakibatkan kesehatan ibu menurun dan menjadikan ibu mengalami batuk.

Jika sudah terkena batuk maka ibu hamil perlu untuk segera mengobati batuknya agar tidak semakin parah. Dan adapun mengenai mengobati batuk sudah di bahas pada artikel yang berbeda.

Baca: Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Penyebab Batuk Pada Ibu Hamil

Disini kita akan membahas mengenai penyebab batuk pada ibu hamil sehingga ibu dapat mengatasinya dengan mengetahui beberapa penyebabnya. Jadi ibu hamil tidak perlu mengonsumsi obat batuk untuk ibu hamil untuk meredakan batuk.

doa sebelum tidur

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai penyebab batuk pada ibu hamil antara lain :

  1. Alergi

Alergi adalah salah satu reaksi kekebalan tubuh seseorang terhadap sesuatu yang asing. Nah, perlu diketahui bahwa alergi ini dapat menimbulkan ruam – ruam merah pada kulit dan rasa gatal.

Jika ibu hamil memiliki riwayat alergi maka ini dapat meningkatkan potensi terkena batuk saat hamil. Sebab itu ibu hamil yang memiliki riwayat alergi untuk tidak terlalu banyak beraktifitas jika sudah lelah untuk menghindari penyebab batuk ini.

  1. Kekebalan tubuh menurun

Faktor kedua adalah kekebalan tubuh menurun. Hal ini juga bisa menjadi indikasi penyebab batuk pada ibu hamil. Kenapa? karena kekebalan tubuh merupakan imunitas yang menjaga kesehatan seseorang.

Orang yang memiliki kekebalan tubuh tinggi akan tidak mudah untuk jatuh sakit. Sedangkan orang dengan kekebalah tubuh menurun akan mudah untuk jatuh sakit.

Terutama ibu hamil maka wajib bagi ibu hamil untuk memperhatikan sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup, rajin berolahraga agar badan tetap bugar dan juga konsumsi vitamin secara seimbang.

Armita Consultant

  1. Asma

Asma adalah penyakit kronis yang di sertai dengan penyempitan saluran pernapasan sehingga orang yang menderita asma akan kesulitan untuk bernapas.

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat asma juga akan mudah untuk terserang batuk. Jadi agar ibu selama hamil tidak terserang batuk ada baiknya untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur selama kehamilan.

Sebab jika terkena batuk akan sangat berdampak tidak baik bagi ibu sendiri dan janin. Biasanya ibu yang tengah mengalami asma akan memperburuk batuk itu sendiri.

  1. Mengonsumsi es

Selama hamil terkadang ibu akan mengalami ngidam, hal ini wajar karena setiap orang yang hamil memiliki keinginan yang bermacam – macam. Ada yang ingin makanan manis, makanan dingin dan makanan pedas.

cara membuat susu kurma

Contoh ibu hamil yang ingin makanan atau minuman dingin adalah mengonsumsi es. Jika sesekali mungkin tidak apa jika cuaca juga sedang panas. Namun jika terlalu berlebihan takut akan menimbulkan masalah kesehatan seperti batuk.

Untuk itu ibu hamil perlu menahan keinginannya tersebut agar kesehatan ibu tetap baik dan janin yang ibu kandung juga sehat.

Baca: Tanda Tanda Melahirkan Yang Harus Diketahui

Baiklah rekan Armita Consultant, itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab batuk pada ibu hamil. Ibu hamil wajib menghindari beberapa penyebab ini karena jika tidak bisa membuat ibu batuk dan harus mengonsumsi obat batuk yang baik bagi ibu hamil agar batuk tidak semakin parah.