doa sebelum tidur

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Serta Manfaat Tidur Untuk Kesehatan. Tidur merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang sudah pasti dilakukan semua orang setiap hari.  Hal ini dilakukan agar tubuh rekan Armita Consultant tetap sehat dan bugar sehingga bisa melakukan berbagai aktifitas sehari-sehari dengan maksimal.

Selain itu, tidur ini juga dapat memberikan pengaruh terhadap produktivitas, kestabilan emosi, kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung, fungsi imun tubuh, kreativitas, vitalitas, hingga menjaga berat badan stabil.



Berdoa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur

Sebagai orang Islam hendaklah kita selalu berdoa sebelum melakukan berbagai aktivitas, termasuk tidur. Berikut doa sebelum dan sesudah bangun tidur :

Berikut lafaz doa mau tidur yang bisa rekan Armita Consultant baca :

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan doa bangun tidur adalah sebagai berikut :

“Alhamdillallahilladzi ahyanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya : “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kembali semua akan dihidupkan kembali.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Pendarahan Setelah Melahirkan 40 hari

Manfaat Tidur Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, manusia membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam untuk istirahat atau tidur setiap harinya. Sebab, ini adalah waktu sel serta organ-organ tubuh untuk meng-upgrade kesehatan fisik dan mental. Berikut beberapa manfaat tidur untuk kesehatan

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut dengan sitokin. Dimana, senyawa ini memiliki efek perlindungan system kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh ini sangat penting untuk melawan peradangan dan infeksi. Jika tidak cukup tidur, rekan Armita Consultant kemungkinan tidak memiliki sitokin untuk menghalangi tubuh dari berbagai penyakit.

Sementara itu, kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan jumlah senyawa peradangan dalam tubuh. Kondisi ini sama dengan saat rekan Armita Consultant mengalami alergi atau asma.

  1. Mengendalikan Nafsu Makan

Ketika tidur di malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun.

Namun, ketika rekan Armita Consultant kurang tidur, maka organ otak akan menurunkan kadar leptin, yakni hormon yang menciptakan rasa kenyang. Akibatnya, membuat rekan Armita Consultant mudah lapar.

Lalu, rekan Armita Consultant akan dipacu untuk memenuhui kebutuhan energo tubuh sehingga akhirnya memutuskan untuk makan lebih banyak. Tentunya hal ini bisa menyebabkan berat badan semakin susah untuk rekan Armita Consultant kontrol.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Perlu diketahui bahwa tidur yang cukup bisa membantu meningkatkan suasana hati. Ya, beristirahat yang sesuai dengan kebutuhan memang bisa membuat rekan Armita Consultant lebih fresh dan bahagia.

Selain itu, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan energi, sehingga saat rekan Armita Consultant bangun keesokan harinya, rekan Armita Consultant merasa lebih berenergi.

  1. Baik Untuk Pertumbuhan Badan

Tidur yang cukup sangat baik untuk pertumbuhan badan, terutama bagi anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ketika tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu memperbaiki jaringan dan sel-sel di dalam tubuh.

Selain itu, hormon tersebut juga dapat membantu membentuk masa otot dan mendukung kinerja otak, sehingga anak pun tumbuh lebih kuat dan pintar.

Selain untuk anak-anak dan remaja, tidur ini juga bermanfaat untuk para pasutri yang baru menikah. Karena hormon yang dikeluarkan tubuh saat tidur dapat membantu organ reproduksi menjadi lebih subur.