jam mandi yang baik untuk bayi

Cara Memandikan Bayi dengan Air Dingin. Halo rekan Armita Consultant. Ritual memandikan bayi merupakan aktivitas yang gampang-gampang susah ya terutama bagi ibu yang baru saja memiliki bayi.

Bayi yang baru lahir biasanya akan dimandikan dengan air hangat oleh ibunya sampai ia berumur beberapa bulan. Bahkan, banyak juga Ibu-ibu yang tetap memandikan anaknya dengan air hangat meskipun anaknya sudah menginjak usia sekolah loh.

Beberapa rekan Armita Consultant ada yang menanyakan:

“Kapan sih sebenarnya bayi itu boleh dimandikan dengan menggunakan air dingin?”



Di tulisan ini akan dibahas ya kapan bayi boleh mandi pakai air dingin dan bagaimana tips memandikan bayi dengan air dingin.

Sebenarnya, kemampuan mandi dengan air dingin ini haruslah dilatih sejak dini. Jika bayi terlahir cukup bulan dan dalam kondisi yang sehat dan normal, sebenarnya bayi usia dua bulan pun sudah bisa mulai dilatih mandi dengan menggunakan air dingin.

Namun, jika bayi lahir prematur atau kurang bulan, maka sebaiknya mandi dengan air dingin dapat ditunda sampai usianya enam bulan ya. Karena pada usia enam bulan ini, sang bayi prematur sudah memiliki kemampuan fisik yang lebih sempurna dan adaptasi yang lebih baik.

 bayi pilek mandi air dingin

Cara memandikan bayi dengan mudah

Tips Memandikan Bayi dengan Air Dingin

Agar bayi terbiasa mandi dengan menggunakan air dingin, berikut beberapa tips atau cara memandikan bayi dengan air dingin yang bisa rekan Armita Consultant lakukan:

  1. Ajak bicara bayi. Sampaikan bahwa dia akan dimandikan dengan air dingin. Walaupun bayi belum bisa bicara, tapi ia bisa mendengar dan mengerti loh apa yang kita sampaikan.
  2. Siapkan baju, celana, kaos kaki, handuk, minyak telon atau kayu putih dan kosmetik yang akan dipakai bayi setelah mandi. Lebih baik disiapkan diawal ya sebelum bayi mandi supaya nanti jika sudah selesai mandi, orang tua tidak perlu repot mencari-cari lagi. Selain itu, jika seluruh perlengkapannya sudah siap dari awal, kemungkinan bayi kedinginan akan lebih kecil.
  3. Atur suhu air, kurangi suhu secara bertahap supaya bayi tidak kaget.
  4. Usahakan jangan langsung masukkan bayi ke dalam bak air dingin. Perlahan saja. Usaplah dulu kepalanya dengan air dingin, lalu dada dan punggung kemudian kakinya. Setelah itu, bayi boleh dimasukkan ke dalam bak yang berisi air dingin.
  5. Mandikan ia seperti biasa dan jangan terlalu lama supaya bayi tidak kedinginan. Mungkin pertamanya ia akan kaget. Tapi lama-lama akan biasa kok.
  6. Jika sudah selesai, angkat bayi dari bak mandi dan keringkan dengan handuk bersih ya.
  7. Oleskan minyak telon ke seluruh badan bayi supaya hangat sambil melakukan pijatan lembut.
  8. Pakaikan baju dan celana yang telah disiapkan tadi. Boleh juga untuk beri kecupan hangat di pipinya dan ucapkan selamat bahwa ia sudah berhasil mandi dengan air dingin.

Baca: Minyak Pijat Bayi yang Recommended

minyak untuk memijat bayi

Pijatan Lembut untuk Bayi

Jika sudah terbiasa, memandikan air dingin akan menjadi hal yang mudah bagi rekan Armita Consultant dan tentu juga pengalaman ini akan menyenangkan bagi sang bayi.

Bahkan, mandi bisa menjadi ritual bermain sambil belajar yang ditunggu-tunggu. Misalnya belajar mengenal anggota tubuh. Belajar tekstur air, sabun yang licin, dan lain sebagainya.

Selamat mencoba ya rekan Armita Consultant dan semoga tips memandikan bayi dengan air dingin ini bermanfaat. Boleh disebarkan ke yang lain supaya lebih banyak yang tahu tentang rahasia ini.

Baca: Belanja Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Sampai ketemu di tulisan berikutnya!