Berikut 5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan. Nomor BPJS Ketenagakerjaan merupakan urutan nomor yang wajib rekan Armita Consultant simpan.

Pasalnya, nomor ini sangat penting dan dibutuhkan pada saat ingin mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan BPJS. Seperti mengajukan pencairan uang JHT (Jaminan Hari Tua), dan lain sebagainya.

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Lantas, bagaimana cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya ya.

  1. Cek Status via Aplikasi BPJSTK Mobile

Rekan Armita Consultant bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dan mengetahui apakah BPJS masih aktif atau tidak bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTK Mobile. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama rekan Armita Consultant unduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android iOS, dan BlackBerry.
  • Setelah diunduh, rekan Armita Consultant harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Ada beberapa syarat dalam registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, serta nama (cara cek no BPJS ketenagakerjaan dengan NIK).
  • Setelah terdaftar dan login, rekan Armita Consultant dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK.
  • Lalu pilih di ‘Kartu Digital’. Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, kemudian klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak.
  1. Cek Status Kepesertaan BPJS via website

Cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak bisa dilakukan melalui laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Konsultasi Nama Bayi dan Usaha

Jika belum terdaftar di laman tersebut, rekan Armita Consultant bisa melakukan registrasi dengan cara sebagai berikut ini:

  • Rekan Armita Consultant masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Lalu pilih menu registrasi.
  • Isi formulir sesuai dengan data antara lain nomor KPJ aktif, nama tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel dan email.
  • Jika berhasil, rekan Armita Consultant akan mendapatkan PIN. PIN dikirm melalui email dan SMS dari ponsel yang didaftarkan.

Sedangkan cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan via website adalah sebagai berikut:

  • Rekan Armita Consultant masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Kemudian masukkan alamat email di kolom user.
  • Masukkan kata sandi.
  • Setelah masuk, rekan Armita Consultant pilih menu layanan.

Baca: Cara Hemat Menyiapkan Dana Persalinan

  1. Melalui Call Center BPJS

Rekan Armita Consultant bisa mengecak nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui call center BPJS Ketenegakerjaan. Caranya pun sangat mudah, rekan Armita Consultant cukup melakukan panggilan telepon ke nomor 175.

Selanjutnya, rekan Armita Consultant akan terhubung dengan call center dari BPJS. Panggilan telepon ini dikenakan tarif telepon.

Selain itu, untuk melakukan panggilan ke call center BPJS juga membutuhkan pulsa. Oleh karena itu, sebelum menelepon pastikan pulsa ponsel rekan Armita Consultant cukup untuk melakukan panggilan.

  1. Melalui Media Sosial BPJS

Cara yang terakhir untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dan mengetahui apakah BPJS masih aktif atau tidak bisa dilakukan dengan menghubungi layanan BPJS melalui media sosial resminya.

Nah, untuk mengetahui apa saja media sosial resmi BPJS, rekan Armita Consultant dapat menghubungi laman resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.

Selain itu, kontak layanan BPJS juga tersedia melalui WhatsApp, yakni di nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Namun, layanan BPJS Ketenagakerjaan melalu WhatsApp hanya terbatas untuk Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri saja.

  1. Cara Cek Status via Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Selain cara-cara di atas, cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak lainnya adalah datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam hal ini, rekan Armita Consultant harus membawa persyaratan untuk mengecek kepesertaan sebelum pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Baca: Pengalaman Menggunakan BPJS

Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan rekan-rekan ya.

Sampai ketemu di tulisan berikutnya, semoga informasi mengenai cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan ini bermanfaat.