baju hamil untuk pesta

Agar Ibu Hamil Senantiasa Sehat. Menjadi ibu hamil adalah anugerah yang sangat ditunggu-tunggu. Mengandung makhluk kecil titipan dari Yang Kuasa selama 9 bulan adalah kenikmatan yang harus dijaga sejak pertama kali ia hadir.

Maka ada baiknya, ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatannya agar ia dan janin dalam kandungannya tumbuh dengan baik dan sempurna.

Apalagi saat ini kondisi negara kita masih pandemi ya. Sehingga kondisi kesehatan ibu hamil harus benar-benar dijaga agar tidak terserang virus corona.

Lalu, bagaimana sih caranya agar ibu hamil dapat terus terjaga kesehatannya? Berikut ini akan Armita Consultant tuliskan tips-tipsnya ya.

Cara Agar Ibu Hamil Senantiasa Sehat

  1. Ibu hamil mengonsumsi makanan sehat

Ibu hamil sebaiknya makan makanan yang bergizi, menjaga pola makan yang teratur. Di awal kehamilan, terkadang ibu hamil tidak berselera makan karena adanya perubahan hormon.

cara membuat susu kurma

Jika ibu hamil mengalami morning sickness, ibu hamil bisa berusaha tetap makan dengan porsi sedikit namun sering. Sebaiknya sayuran atau buah dicuci bersih dengan air mengalir sebelum di makan.

Jangan lupa menjaga asupan karbohidrat, protein, multivitamin, dan juga mineral. Obat atau vitamin yang diresepkan oleh dokter atau bidan juga sebaiknya diminum sesuai dosisnya. Bisa beli di apotek rumah sakit atau di toko online vitamin.

Boleh juga dibantu dengan minum susu ibu hamil. Supaya asupan nutrisi bagi ibu hamil bisa lebih baik.

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan yang Berbahaya

 Ada beberapa jenis sumber makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti alcohol, rokok, kafein, dan juga obat-obat tertentu. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan apabila ibu hamil akan mengonsumsi obat-obatan. Cek apakah obat tersebut aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil atau tidak aman.

Baca: Cara Membuat Susu Kurma Buat Ibu Hamil

  1. Rajin kontrol ke dokter kandungan atau bidan

Selain untuk mengetahui kondisi janin dan ibu hamil, kontrol rutin ke dokter kandungan atau bidan juga bisa menjadi tempat konsultasi bagi ibu hamil. Dokter atau bidan biasanya akan menginformasikan hal apa yang boleh dilakukan dan tidak oleh ibu hamil.

Begitupun apabila ada tanda bahaya atau kegawatan. Ibu hamil patut waspada. Misalnya apabila ada flek hebat, konstraksi yang terus menerus sebelum waktu kelahiran tiba. Jika menemui kondisi ini, ibu hamil wajib segera ke klinik atau rumah sakit.

Pendarahan Setelah Melahirkan 40 hari

Waspada Pendarahan Setelah Melahirkan

  1. Mengendalikan kondisi emosional

Mood swing atau perubahan suasana hati secara drastic sering di alami oleh ibu hamil. Hal ini merupakan kondisi umum yang terjadi. Misalnya ibu hamil saat ini mengalami suasana hati yang senang, namun tiba-tiba berubah menjadi sedih.

Kadang ibu hamil juga kerap mengalami kecemasan. Takut akan hal-hal yang belum terjadi di masa depan. Misalnya bagaimana kelak ia akan mengasuh anak, bagaimana nanti proses kelahiran apakah akan lancar atau tidak, hingga masalah finansial, dll.

Sebaiknya, ibu hamil jangan terlalu memikirkan hal tersebut. Dipikirkan boleh tapi jangan sampai terlalu stress sehingga menggangu ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami perubahan suasana hati yang terlalu sering sampai tidak bisa istirahat/tidur, segera cari pertolongan dengan menghubungi dokter maupun psikolog.

Tanda Hamil

  1. Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Ada baiknya ibu hamil tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat misalnya bekerja terlalu larut malam, bepergian terlalu jauh dengan waktu tempuh yang lama, atau mengangkat barang dengan berat.

Ibu hamil dapat berolahraga ringan atau berganti-ganti posisi saat bekerja agar sirkulasi darah lancar. Sebaiknya ibu hamil tidur dengan cukup dan perbanyak istirahat terutama di kehamilan trimester akhir.

Baiklah rekan Armita Consultant. Sekian tulisan dari kami tentang bagaimana agar ibu hamil senantiasa sehat. Sampai ketemu di tulisan berikutnya dan sehat selalu ya.