Cara membuat surat numpang nikah

Syarat Membuat Surat Numpang Nikah. Halo rekan Armita Consultant. Menikah merupakan hal yang sangat diimpi-impikan semua orang. Setuju ya.

Tentunya pernikahan merupakan mimpi tersendiri bagi setiap orang yang khususnya bagi kaum perempuan. Sehingga bagi pasangan tentunya akan begitu banyal hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Tujuan utama dari menikah adalah untuk menjauhkan dari perbuatan maksiat. Namun, bagi seorang muslim tentunya kita memiliki panutan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Dan sebaiknya, kita mengikuti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Karena bagaimanapun, menikah ini merupakan salah satu sunnah dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wassalam.

Bahkan dalam agama, sangat dianjurkan bagi siapa saja yang sudah mampu untuk segera menikah. Karena pernikahan ini merupakan fitrah manusia dan naluri kemanusiaan itu sendiri yang tidak bisa dihilangkan.

Naluri manusia ini dipenuhi dengan hawa nafsu, sehingga alangkah baiknya jika untuk memenuhi naluri tersebut dipenuhi dengan jalan yang baik dan benar yakni dengan menikah.

Karena apabila naluri tersebut tidak terpenuhi dengan benar, maka bisa menjerumuskan seseorang kepada jalan yang diharamkan oleh Allah Subhana wa Ta’ala yakni berzina.

Selain itu, pernikahan merupakan salah satu penyempurna agama. Jadi, dengan menikah maka separuh agama telah terpenuhi dan supaya semakin kuat seorang muslim dalam beribadah. Hal ini sesuai dengan hadits :



Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Apabila seorang hamba menikah maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah Subhana wa Ta’ala untuk separuh sisanya. “ (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abdul Iman).

Menikah merupakan tujuan akhir bagi setiap pasangan yang menjalin hubungan. Menikah ini akan menyatukan dua insan yang berbeda dalam hal kepribadian, kebiasaan, hingga daerah asal.

Syarat Surat Numpang Nikah

Cara Membuat Surat Numpang Nikah

Yang namanya menikah tentunya membutuhkan banyak persiapan yang matang, agar proses pernikahan nantinya bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Mulai dari ilmu tentang pernikahan, finansial, resepsi pernikahan, hingga administrasi.

Khusus yang berkaitan dengan pengurusan administrasi pernikahan, sebenarnya tidak terlalu sulit.

Namun, ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi bagi pasangan menikah yang berasal dari daerah yang berbeda atau menjalankan pernikahan diluar domisili resminya yang berbeda dengan data di KTP.

Menikah di luar daerah asal ini lebih populer dengan istilah numpang nikah. Istilah ini merujuk pada pernikahan yang dilakukan diluar daerah salah satu pengantin atau keduanya.

Syarat Membuat Surat Numpang Nikah

Nah, supaya pengurusan administrasi pernikahan yang dilakukan diluar domisili ini lancar, maka teman-teman harus mengetahui syarat membuat surat numpang nikah.

Berikut merupakan berkas-berkas yang harus disiapkan untuk mengurus surat numpang nikah :

  1. Surat pengantar RT/RW
  2. Foto copy KTP dan Kartu Keluarga
  3. Surat Keterangan Status yang bermaterai
Armita Consultant, Konsultasi Nama Bayi

Mengurus Surat Menikah Bersama Pasangan

Tahapan Membuat Surat Numpang Nikah

Setelah melengkapi berkas-berkas di atas, bagi pasangan yang akan mengurus surat numpang nikah harus mengetahui prosedur serta tahapan sebagai berikut ini :

  1. Pemohon mendatangi kantor kelurahan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Kemudian petugas akan meregistrasi pemohon surat keterangan, memeriksa berkas dan menyerahkannya ke petugas operator jika sudah lengkap.
  3. Setelah itu, petugas akan menginput data pemohon dan mencetak surat keterangan numpang nikah.
  4. Petugas akan mengajukan penandatanganan surat numpang nikah kepada yang berkepentingan.
  5. Lalu petugas akan mengajukan penandatanganan surat keterangan numpang nikah pada Lurah atau Sekretaris Kelurahan dan Kasie.
  6. Lurah meneliti dan menandatangani surat keterangan numpang nikah yang diajukan.
  7. Selanjutnya, petugas akan memberikan surat keterangan numpang nikah kepada pemohon.

Untuk rekan-rekan Armita Consultant yang saat ini sedang merencanakan akan menikah dan membuat surat numpang nikah, syarat dan prosedur numpang nikah di atas semoga dapat membantu ya.

Selain itu, semoga dilancarkan juga proses menuju perkawinannya. Dianugerahkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah. Aamiin Ya Robbal Alamin.