Mual Muntah Saat Hamil Muda

Tanda Hamil

Mual Muntah Saat Hamil Muda biasa dirasakan oleh ibu hamil. Terutama pada trimester1 (kehamilan usia 1 – 3 bulan). Selama hamil, tubuh ibu hamil memproduksi hormon yang dapat memperlambat sistem pencernaan. Produksi hormon progesteron dan estrogen dapat melemaskan semua jaringan otot halus di seluruh tubuh termasuk di saluran cerna. Selain itu, metabolisme tubuh juga melambat. Sehingga ibu hamil akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman dengan perutnya seperti rasa kembung, masuk angin, dan nyeri seperti maag. Maka tidaklah mengherankan apabila saat hamil muda, ibu hamil akan mengalami penurunan nafsu makan.

Baca: Tanda – Tanda Masa Subur

Baca: Tanda – Tanda Hamil



Saat di trimester 1 ini, ibu hamil juga mengalami nyeri di perut bagian bawah, kembung, payudara terasa keras dan sakit bila di tekan. Badan terasa lemas, pegal-pegal, dan frekuensi buang air kecil meningkat. Tekanan darah juga biasanya akan turun 10 – 15 mHg sehingga terjadi hipotensi yang memicu lemas dan sakit kepala.

Baca: Pusing Saat Hamil

Tips Mengurangi Mual Muntah Saat Hamil Muda

Gejala-gejala seperti mual muntah, kembung, nyeri di perut ini sering disebut morning sickness. Karena biasanya datang di waktu pagi (morning). Namun ibu hamil tidak perlu kuatir apabila mengalami mual muntah di trimester 1 ini. Armita Consultant memiliki beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mengurasi mual dan muntah saat hamil muda.

  • Menjaga asupan air ke dalam tubuh. Caranya bisa dengan minum banyak air putih, makan buah dan sayur sehingga bisa memperlancar kerja dari sistem pencernaan.
  • Menghindari bau atau aroma tertentu yang bisa memicu mual. Misalnya bau masakan dapur dll.
  • Mengonsumsi permen rasa mint, jahe, atau asam sehingga bisa mengurangi mual di perut serta mengurangi lidah yang terasa pahit.
  • Berusaha makan dengan gizi dan nutrisi yang berimbang. Walaupun setelah itu merasa mual dan muntah, tapi tetap usahakan untuk makan karena janin dalam perut ibu butuh nutrisi.
  • Bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam susu bisa menambah gizi ibu hamil yang kadang tidak enak saat harus makan makanan biasa.
  • Menghindari makanan yang dapat memicu mual, muntah, membuat perut kembung, dan menyebabkan iritasi lambut.
  • Segera konsultasikan dengan dokter kandungan apabila mual dan muntah tidak berhenti sampai bulan ke empat. Biasanya dokter kandungan akan memberikan obat anti mual yang dapat mencegah mual muntah berkepanjangan.

buah

Mengonsumsi vitamin B dan asam folat 400 mg juga dapat membantu Ibu hamil memenuhi gizi untuk tubuhnya dan janin. Stop mengonsumsi alkohol, obat terlarang, dan juga merokok karena dapat membahayakan pertumbuhan janin dan ibu hamil.

Meskipun baru trimester 1, ibu hamil dan keluarga juga mulai bisa mencari referensi untuk nama bayi. Bisa disiapkan nama untuk 2 jenis kelamin (nama laki – laki dan perempuan). Dengan rentang waktu persiapan yang panjang, ibu hamil dan keluarga dapat memilih nama bayi terbaik bagi putra-putrinya kelak. Apabila orang tua bayi bingung dalam menentukan nama bayinya, bisa berkonsultasi dengan Armita Consultant, untuk mendapatkan nama bayi yang sesuai dengan keinginan dan kriterianya. Formulir pemesanan nama bayi bisa diisi.

Baca: Saat Tepat Mencari Nama Bayi

Sehat selalu ya Ibu hamil. Semoga diberikan kelancaran, kesehatan, dan keselamatan sampai dengan persalinannya nanti.

Salam,

Armita Consultant.



8 thoughts on “Mual Muntah Saat Hamil Muda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *