apa itu kolik

Apa sih kolik pada bayi dan bagaimana cara meredakan kolik pada bayi. Pernah dengar istilah kolik atau colic? 

Mungkin ini istilah baru ya yang rekan Armita Consultant dengar, terutama buat para orang tua yang baru dikaruniai anak pertama dan belum familiar dengan dunia mengasuh bayi.

Baiklah, di awal tahun 2021 ini, tim Armita Consultant akan membahas serba serbi mengenai kolik pada bayi dan cara meredakan kolik pada bayi.




Apa Itu Kolik

Untuk rekan Armita Consultant yang belum tau apa itu kolik, akan dijelaskan ya pengertian dari kolik.

Kolik artinya kondisi di mana bayi menangis terus menerus. Tidak ada sebab yang jelas dan tangisannya ini tidak bisa dihentikan.

Digendong sudah. Diajak bermain sudah. Disusuin sudah. Dan berbagai cara lainnya sudah dilakukan. Tapi tangisan bayi tak kunjung berhenti.

Armita Consultant

Kolik Sering Membuat Orang Tua Frustasi

Lebih jauh lagi, kolik merupakan gangguan sistem pencernaan yang menyerang organ sistem pencernaan bayi yang belum sempurna dengan otot yang sering kejang.

Kolik biasanya dialami oleh bayi yang berusia di atas 2 minggu untuk mereka yang lahir normal atau lebih untuk bayi yang lahir prematur.

Biasanya, kolik akan berhenti dengan sendirinya jika bayi sudah berumur sekitar 3-4 bulan karena  organ pencernaan bayi semakin sempurna.

minyak pijat bayi yang recommended

Bonding antara Orang Tua dan Bayi

Jika Kolik Tak Kunjung Berhenti

Memang normalnya, kolik pada bayi akan berhenti sendiri. Namun, tidak jarang kolik terus berlanjut.

Kolik ini memang tidak bahaya. Namun ternyata kolik cukup membuat orang tua panik. Terutama orang tua muda yang belum memahami karakter bayi.

Terkadang orang tua bisa sampai putus asa dan frustasi menghadapi bayi yang terus-terusan menangis. Bisa saja post partum sindrom kemudian menyerang ibu bayi. Bahkan produksi ASI pun bisa menurun drastis karenanya.



Cara Meredakan Kolik pada Bayi

Mengingat dampak yang bisa ditimbulkan jika kolik tidak segera di atasi, maka ada baiknya jika bayi mengalami kolik, orang tua harus tenang dulu.

Tarik nafas yang dalam. Lalu berusaha mencari cara meredakan kolik pada bayi.

Sebaiknya orang tua saling kerja sama untuk mengatasi kolik pada bayi karena dengan kerja sama, beban akan terasa lebih ringan. Atau minta bantuan pada nenek atau pengasuh bayi jika dirasa terlalu repot.

Nama Bayi Unik 2021

Kerja sama orang tua untuk mengatasi kolik pada bayi

Berikut akan tim Armita Consultant bagikan tips mengatasi kolik pada bayi.

  1. Orang tua bisa mengajak bayi jalan-jalan. Bisa dilakukan di dalam rumah atau di luar rumah. Namun jika situasi tidak memungkinkan karena saat ini sedang pandemi covid 19, sebaiknya dilakukan di dalam rumah saja. Misalnya jalan ke dapur, ruang tamu, ke balkon, lantai atas, dan sebagainya.
  2. Meletakkan bayi di bouncer/ayunan dengan alunan musik yang mengembirakan.
  3. Memberikan empeng pada bayi.
  4. Bersenandung atau mendengarkan lagu anak-anak yang ceria yang dapat menarik perhatian bayi.
  5. Memandikan bayi dengan air hangat.
  6. Memijat lembut bayi di bagian perut, punggung dan juga bagian tubuh lain dengan menggunakan minyak bayi.

Baca: Minyak Pijat Bayi yang Recommended



Minyak Pijat Untuk Meredakan Kolik Pada Bayi

Berbicara mengenai pijat, salah satu jenis minyak bayi yang tim Armita Consultant rekomendasikan adalah Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil.

mama's choice review

Minyak Pijat Bayi dari Mama’s Choice

Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil ini adalah produk tanpa mineral oil. Tidak mengandung parfum, paraben, dan juga preservatives.

Oleh karena itu, rekan Armita Consultant tidak perlu khawatir saat menggunakan minyak pijat ini karena produknya aman untuk bayi seaman pelukan mama.

Kandungannya terdiri dari 3 bahan alami pilihan. Yaitu campuran antara minyak pala, lavender dan chamomile. Bermanfaat menghadirkan kehangatan untuk kulit bayi baru lahir dan bebas dari iritasi.

Baby Calming Tummy Oil

Kandungan Baby Oil dan Mama’s Choice

Jika bayi kolik, rekan Armita Consultant bisa melakukan pijat bayi lembut menggunakan produk Tummy Oil dari Mama’s Choice.

Ada rasa hangat, nyaman, dan melegakan karena kandungannya yang bagus serta aroma yang menyegarkan sehingga bayi bisa lebih tenang. Dan tidur bayi pun menjadi lebih nyenyak. Orang tua bisa istirahat atau melakukan aktivitas yang lainnya.



Potongan Harga Saat Pembelian Produk Mama’s Choice

Khusus untuk rekan Armita Consultant, kali ini tim akan membagikan voucher potongan harga setiap pembelian produk dari Mama’s Choice termasuk saat beli Tummy Oil ini.

Ada potongan harga senilai Rp 25.000 jika rekan Armita Consultant belanja minimal Rp 90.000 di website Mama’s Choice www.mamaschoice.id/shop

Ohya, dapatkan juga free ongkir untuk rekan Armita Consultant yang tinggal di area Jabodetabek ya. Wah, keren nih, ayo segera manfaatkan!

cara belanja di mama's choice

MAMARMITA ya kode vouchernya

Caranya, rekan Armita Consultant masukkan kode voucher MAMARMITA saat check out belanja di website Mama’s Choice https://mamaschoice.id/shop ya. Kodenya MAMARMITA pakai huruf kapital semua ya.

Semua produk Mama’s Choice bisa digunakan sendiri dan juga cocok untuk kado teman, keluarga, atau tetangga yang baru melahirkan.

Cara meredakan kolik pada bayi

Produk Mama’s Choice Indonesia

Dari mulai detergen, Stretch Mark Cream, pasta gigi, Herbal Oil, Liquid Cleanser, dan yang lainnya. Tim Armita Consultant sudah membuktikannya sendiri.

Boleh tinggalkan komentar jika rekan Armita Consultant berhasil dapatkan vouchernya ya. Bagikan juga tulisan ini supaya lebih banyak orang tua lainnya yang mendapatkan info dan manfaat dari tulisan ini.

Baiklah, sampai ketemu di tulisan berikutnya ya. Jaga kesehatan!